Quotes yang Memotivasi dari Buku 'Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa - Apa'

 


    Judul Novel             : Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa - Apa

    Penulis                    : Alvi Syahrin

    Tahun Terbit            : 2019

    Jumlah Halaman     : 236 halaman

    ISBN                        : 978-979-780-948-5

Buku ini merupakan keluaran kedua setelah 'Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta'. Kedua bukunya berisi cerita-cerita pendek yang memberikan gambaran tentang bagaimana mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan. Perbedaan dari buku 'Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta' ialah membahas tentang percintaan, sedangkan buku 'Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa' membahas tentang asa yang harus tetap berkobar agar kita senantiasa mengerti akan makna dari kehidupan yang fana ini.

Buku yang memiliki sampul berlatar hitam dan huruf berawrna kuning cerah ini benar-benar memberikan sebuah motivasi kepada pembacanya agar kita selalu berusaha dalam lika-liku kehidupan dengan semangat walaupun menghadapi beberapa kali kegagalan.

Oke, mari kita bahas tentang buku ini.

Buku ini banyak menceritakan tentang kegelisahan terhadap masa depan, Mulai dari setelah lulus SMA, sibuk mempersiapkan ujian SBMPTN agar bisa masuk kedalam Universitas favorit atau jurusan yang diingankan, kehidupan masa kuliah, terjebak dalam gap year,mencari pekerjaan, bosan dengan kegiatan yang monoton, ingin resign dari pekerjaan. Hingga keinginan untuk segera menikah ketika sudah sangat lelah dengan apapun yang dihadapi. Semuanya dibahas melalui buku ini.

Buku ini terkesan seperti teman yang memberikan kisahnya kepada kita dan menunjukkan kepada kita, bahwa banyak orang-orang diluar sana mengalami takdir yang sama dengan kita. Sebab, tidak hanya perahumu saja yang terombang-ambing di permukaan lautan kehidupan penuh dengan ketidakpastian ini. Tapi, mereka juga. Hanya saja sikap dan cara pandang mereka dengan kita yang membuatnya berbeda.

"Cobalah segalanya" (Halaman 25).

Dalam halaman ini kalian akan diajak memasuki kedalam cerita orang-orang sukses dan tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Jika, kalian tidak mengetahui apan yang harus kalian lakukan, maka cobalah segalanya. Karena kita tidak akan pernah mengetahui percobaan keberapa yang akan membawa kita pada kesuksesan.

"Tak ada mimpi yang sempurna di dunia yang fana ini" (Halaman 131).

Ketika kalian bermimpi dan merasa mimpi itu tidak pernah tercapai maka, katakanlah pada diri kalian "Tak ada mimpi yang sempurna di dunia yang fana ini". Karena dunia yang saat ini kita tinggali memiliki sifat sementara dan tidak sempurna, bagaimana mungkin kita akan mencapai semua angan kita dengan sempurna, sedangkan dunia ini tidaklah kekal.

"Menggantungkan hatiku kepada Allah, membiarkan Allah memberikan yang terbaik" (Halaman 145).

 Kita sebagai manusia tentunya harus menggantungkan harapan kita kepada Dzat yang Maha Mengetahui, daripada kita harus menggantungkan keinginan kita pada manusia atau mimpi yang kita miliki saat ini. Karena hanya Allah yang benar-benar mengetahui apa yang kita butuhkan, gantungkanlah impianmu dan hatimu kepada-Nya. Maka, Allah akan memberikan yang terbaik kepadamu.

"Orang sukses tidak pernah menjadikan uang sebagai alasan utama" (Halaman 161).

Uang, tentu sangat penting. Tapi, tidak untuk dijadikan alasan utama. Dari kisah Bill Gates kita dapat mengetahui bahwa dia tidak menjadikan uang sebagai alasan utama, melainkan berpikir jauh ke depan, memikirkan dampak positif dari apa yang dilakukannya hari ini untuk masa depan, dan sungguh-sungguh dengan apa yang dikerjakannya. Uang memang sangatlah penting, tapi jangan dijadikan sebagai tujuan utama. Karena apa yang biasa kita kejar, biasanya itulah yang merendahkan kita. Jadi, pikirkanlah terlebih dahulu tujuan kalian untuk menjadi orang sukses.

"Kesuksesan butuh kerja ketekunan dan kerja keras" (Halaman 179).

Hingga saat ini, diriku yang menulis blog ini masih butuh banyak belajar dalam mendisiplinkan diri dari ketekunan dan kerja keras. Sebelum berdiri tegap di depan karyawan kalian, tentunya harus kerja keras, tekun dan mendisplinkan diri untuk mencapai kesuksesan. "Karena kesuksesan tidak semudah keluar dari zona nyaman, kemudian menemukan kenyamanan baru" (Halaman 179). Tetaplah fokus dan yakin bahwa Allah akan mengabulkan impianmu. Namun, ingatlah ini selalu "temukan maknamu, apa yang kamu kejar?, mengapa itu yang harus dikejar?, does it matter to your life?, dan does it matter to your afterlife?" (Halaman 179). 

Jangan lupakan, bahwa kita akan meninggalkan dunia yang fana ini menuju tempat yang kekal abadi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Solusi untuk Kalian yang Bingung mengenai Masa Depan

Quotes untuk Dirimu yang Sedang Jatuh Cinta dari Buku 'Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta'