Kenapa Wajib Nonton 'Rise of Empires: Ottoman' ???

 

   

    Sebelum masuk kedalam pembahasan kita ulas terlebih dahulu sinopsis dari Rise of Empires: Ottoman. Rise of Empires: Ottoman sendiri merupakan serial dari Netflix yang di Sutradarai oleh Emre Sahin yang mendapatkan penghargaan Best Sinematografi di Beverly Hills Film Festival, Audience Choice Award di West Chester Film Festival, dan Best Foreign Short di Fort Lauderdale International Film Festival.

     Serial Netflix ini menceritakan perebutan salah satu wilayah yang sering disebut sebagai Ibu Kota dari Bumi. Jika semua negara di dunia ini menjadi satu negara, maka tidak ada yang pantas menjadi ibu kotanya selain Konstantinopel. Rise of Empires: Ottoman memiliki 1 season yang terdiri dari 6 episode, dimana setiap episode berdurasi 45 menit. Aktor dan Aktris yang memainkan serial tersebut mayoritas berasal dari Turki.

      Daftar Pemeran:

  1. Cem Yiğit Üzümoğlu sebagai Sultan Mehmed The Conqueror.
  2. Tommaso Basili sebagai Constantine XI Palaiologos.
  3. Tuba Büyüküstün sebagai Mara Brankovic.
  4. Damla Sonmez sebagai Ana.
  5. Osman Sonant sebagai Loukas Notaras.
     Oke, mari kita bahas Kenapa kalian Wajib Nonton Serial Tv Rise of Empires: Ottoman? Pertama, sejarah dari kota Konstantinopel. Pada tahun 306 SM nama Konstantinopel digunakan oleh Kaisar Konstantinus I dan menjadi ibukota Kekaisaran Romawi Timur. Romawi telah menguasai Konstantinopel lebih dari 14 abad dan selalu berhasil menghalau musuh-musuhnya dengan benteng-bentengnya yang kokoh. Sedangkan, usaha umat muslim untuk merebut Konstantinopel telah berlalu selama 800 tahun dan selalu gagal. Banyak kondisi yang menyebabkan umat islam gagal dalam penyerangan tersebut, diantaranya adalah kurangnya persediaan makanan, kurangnya pengetahuan tentang musim dingin yang terjadi di wilayah musuh, dan kurangnya pengalaman dalam meruntuhkan tembok yang kokoh dari kota Konstantinopel. 
      Dalam tradisi bangsa Romawi yang terekam dalam serial ini bahwa Kota Konstantinopel akan runtuh ketika dipimpin oleh keturunan ketujuh dan memiliki nama Constantine, seperti pendiri Konstantinopel, yaitu Konstantinus I. Tanda kedua adalah terjadinya gerhana bulan yang memiliki warna merah, dimana kondisi tersebut biasa diartikan sebagai akan terjadinya keruntuhan pada suatu negeri.
     Dalam Islam sendiri Nabi Muhammad SAW telah memberikan sebuah bisyarah kepada umatnya, yaitu "Kalian pasti akan membebaskan Konstantinopel, sehebat-hebatnya pemimpin adalah pemimpinnya dan sekuat-kuatnya pasukan adalah pasukannya (HR. Ahmad). Bisyarah tersebut terjadi dan dituntaskan dengan gemilah oleh Kekaisaran Ottoman pada 29 Mei 1453 yang dipimpin langsung oleh Sultan Mehmed II atau dikenal sebagai Sultan Muhammad Al-Fatih oleh umat muslim. Dengan sifat kepemimpinannya yang mengagumkan dan ide-idenya yang out of the box Sultan Mehmed II mampu manaklukkan Konstantinopel, dan merubah nama kota Konstantinopel menjadi Istanbul. Nama Istanbul sendiri lebih populer sejak Republik Turki dideklarasikan pada 29 Oktober 1923. 
    Ketika dipimpin oleh Sultan Mehmed II Istanbul langsung ditetapkan sebagai ibukota Kesultanan Utsmaniyah, dan merombak Hagia Sophia yang awalnya digunakan sebagai Gereja menjadi Masjid.


 

     Kedua, serial yang di sutradarai oleh Emre Sahin memiliki rating 8/10. Serial ini bertemakan dokumenter, dimana setiap peristiwa yang akan terjadi terdapat beberapa sejarawan yang memberikan sebuah argumen dan pengetahuannya. Jadi, dapat dikatakan bahwa serial ini sesuai dengan sejarah yang terjadi pada masa tersebut. Tetapi, tidak semua kisah yang berada dalam novel dimasukkan kedalam serial tv tersebut. Kalian akan diberikan suasana perjuangan Sultan Mehmed dalam menaklukkan Konstantinopel dan ide-idenya yang cemerlang agar kapal-kapalnya dapat berlayar di dalam teluk golden horn.
       Kesimpulannya adalah bagi kalian yang memang menyukai film dokumenter dan sejarah. Serial ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menambah pengetahuan tentang runtuhnya Konstantinopel dan mungkin juga dapat menambahkan rasa keimanan kalian kepada Allah SWT, bahwa apa yang telah diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW pasti akan terjadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quotes yang Memotivasi dari Buku 'Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa - Apa'

4 Solusi untuk Kalian yang Bingung mengenai Masa Depan

Quotes untuk Dirimu yang Sedang Jatuh Cinta dari Buku 'Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta'