5 Soft Skill dari LinkedIn dan bagaimana cara mengembangkannya ???
Pada awal tahun 2020, situs LinkedIn memunculkan sebuah daftar permintaan soft skills yang banyak dicari di tahun 2020. Seperti yang diketahui bersama situs LinkedIn merupakan sebuah situs web jaringan sosial yang bergerak dalam bidang bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.
Di samping itu, soft
skill merupakan sebuah kepribadian serta kemampuan personal dalam berkomunikasi
yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan. Jika hard skill dapat diraih dan
dipelajari oleh setiap personal, maka soft skill tidak dapat diraih dan
dipelajari oleh orang lain. Jadi, soft skill seperti “bawaan dari lahir” yang
telah melekat dalam setiap individu.
Jika anda merupakan
seseorang yang sedang mencari pekerjaan pada tahun ini. Maka, lebih baik untuk
segera merenungkan sejauh mana anda memiliki keterampilan tersebut dan
mengetahui keterampilan mana yang membuat anda lemah.
Berikut artikel ini dibuat untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya mengasah soft skills. Terdapat lima soft skills yang disebutkan dalam situs LinkedIn, diantaranya adalah:
1. Kreativitas.
Kreativitas
pada dasarnya telah dimiliki beberapa orang tanpa harus berusaha untuk
mendapatkannya. Namun, seharusnya banyak orang yang memiliki soft skills
tersebut, tentunya dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya adalah,
kreativitas dapat muncul pada seseorang ketika saling bertukar pendapat dengan
orang lain. Jadi, semakin banyak anda bertukar pendapat dengan sesama rekan
kerja, bahkan dalam sebuah tim dapat menghasilkan banyak ide kreatif dan dapat
memantulkan ide orang lain untuk mendapatkan ide kreatif yang mengalir.
Tetap latih otak anda saat senggang atau sedang berdiskusi dengan diri anda sendiri dan selalu berpikir out of the box (pemikiran yang berbeda dengan orang lain) bahkan saat anda bekerja sendiri.
2. Bujukan.
Luangkan
banyak waktu ketika anda akan membujuk seseorang untuk berdebat, dengan cara
menganalisis berbagai macam topik yang akan di perdebatkan sehingga anda dapat
memberikan bantahan dari setiap argumen yang diberikan.
Lenturkan gaya bicara anda ketika akan membujuk dan sesuaikan gaya bicara anda dengan lawan bicara merupakan hal yang sangat penting. Semakin sering anda berlatih untuk melenturkan gaya bicara anda kepada orang lain, maka suatu saat anda akan siap dengan sendirinya untuk membujuk seseorang.
3. Kolaborasi.
Dalam
kerja sama tim kolaborasi merupakan suatu hal penting. Kolaborasi harus
memiliki tujuan dan peran terlebih dahulu, ketika telah menemukannya dalam
sebuah tim maka, semua orang dapat bekerja lebih cepat.
Setiap orang memiliki peran dan argumen yang berbeda. Jadi, biarkan mereka menyampaikan argumennya, ketika selesai barulah dapat mengambil sebuah kesimpulan yang terbaik untuk membawa tim menuju kesuksesan bersama. Teruslah berlatih berdiskusi dengan banyak lawan bicara untuk mendapatkan banyak pengalaman.
4. Kemampuan Beradaptasi.
Kemampuan
ini berfungsi untuk dapat beradaptasi dengan keadaan yang baru, dimulai dengan
pola pikir anda yang ingin atau tidak untuk beradaptasi dengan keadaan yang
berubah. Jika terdapat penolakan dalam diri anda, maka renungkan alasannya.
Teruslah mencoba dalam beradaptasi dengan keadaan yang mudah berubah. Ketika anda mudah beradaptasi dengan keadaan maka, pola pikir anda akan lebih fleksibel dalam menerima keadaan dan lingkungan kerja yang baru.
5. Kecerdasan Emosional.
Dalam
soft skills ini anda harus dapat membiasakan diri mendorong orang lain untuk
berbagi cerita dan mendengarkan tanggapan lawan bicara agar dapat meningkatkan
kecerdasan emosional anda.
Memiliki
kesadaran diri merupakan kunci utama dalam kecerdasan emosional. Meminta saran
kepada teman kerja secara teratur untuk mengevaluasi kinerja anda merupakan
sebuah langkah yang sangat baik. Ketika anda mendapatkan sebuah kritikan maka,
cobalah untuk menerima kritikan tersebut. Jika kritikan tersebut bermanfaat
untuk anda kedepannya, segeralah introspeksi diri agar menjadi pribadi yang
lebih baik dan efisien dalam bekerja.
Komentar
Posting Komentar